Memanen Cuciwis Montana – BISI International

   TENTANG KAMI    |
   PRODUK    |
   HOME GARDEN    |
   APLIKASI BISI    |
   INSPIRASI SAHABAT
Baca juga :
Sujai : Terlanjur Mantab Dengan BISI 18
Eden Farm Gandeng BISI Hasilkan 186 Ribu Ton Cabai Per Tahun
Menengok 153 Ha SIMETAL di Perkebunan Glenmore
Panen Cepat atau Ditunda? Montana Bisa
Seluruh artikel inspirasi sahabat petani bisa dibaca dan diakses melalui Aplikasi BISI, download sekarang melalui Google Play di handphone anda.
Memanen Cuciwis Montana
18 March 2021 [12 views]

Keuntungan bercocok tanam kubis hibrida Montana bukan hanya dari melimpahnya hasil panen dengan kualitasnya yang super, tapi petani penanam masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari hasil panen cuciwis atau kuciwis atau kubis mini yang tumbuh beberapa hari setelah kubis dipanen.

Cuciwisnya Montana banyak dan bagus, masih berbentuk kepala kubis, tidak pecah jadi daun. Sampai lima kali petik masih tidak pecah jadi daun. Kalau yang lain dua kali petik saja sudah jadi daun,” terang Haji Ade Sodikin, petani kubis Montana asal Desa Cisurupan, Cisurupan, Garut, Jawa Barat.

Dengan harga jual yang cukup bagus, berkisar Rp5.000/kg, hasil panen cuciwis Montana itu memberikan penghasilan tambahan bagi petani seperti Haji Ade. “Cukup untuk menutupi modal kerja,” ujar Haji Ade.

Dari sekitar 27.000 tanaman kubis Montana, Haji Ade bisa memanen cuciwis sebanyak 13,7 ton. “Itu belum termasuk yang saya kasihkan kepada para pekerja dan tetangga di sini. Kalau ditotal saya bisa panen cuciwis lebih dari 14 ton, dan itu pun belum habis,” terangnya.

Cuciwis Montana, kata Haji Ade, biasanya dipanen 10 – 14 hari setelah tanaman kubis dipotong atau dipanen. Cuciwis tersebut muncul pada bagian samping batang kubis yang telah dipotong. “Dalam satu tanaman Montana rata-rata ada dua atau tiga cuciwis. Total beratnya mencapai setengah kilogram per tanaman,” katanya.

Untuk mengoptimalkan hasil cuciwisnya, petani kubis seperti Haji Ade tersebut biasanya melakukan penyemprotan fungisida dan pupuk daun pada pangkal batang kubis yang telah dipanen atau dipotong tersebut.

Cuciwis sendiri bagi masyarakat sunda merupakan salah satu sayuran favorit. Dibandingkan dengan kubisnya sendiri, rasa kiciwis lebih manis dan lebih enak saat diolah menjadi masakan.

Layaknya kubis, kandungan nutrisinya yang lengkap pada kuciwis menjadikan sayuran tersebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan seratnya yang tinggi bisa membantu menjaga sistem pencernaan. Selain itu, kandungan klorofil pada daun cuciwis juga bisa mengatasi masalah sinusitis dan gangguan pada pancreas.

Kandungan vitamin dan mineralnya sangat bermanfaat untuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan mata. Di samping itu, cuciwis juga baik untuk kesehatan gigi, tulang, jantung, dan otak, serta meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi efek penuaan dini. (AT)

IKUTI KAMI
Copyright @ MD | BISI 2020